Perhatian

Berhubung ada sedikit masalah,beberapa artikel yang menampilkan gambar tidak bisa dilihat. . . .
Saya selaku pemilik blog mohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan Anda. . .
Sekian dan Terima kasih. .

Archives

Kamis, 12 Februari 2009

WINDOWS 7 - Review Windows Generasi Berikutnya

Tak terasa Windows Vista telah berumur hampir 3 tahun, kalau di Indoneisa masih 2 tahunan lebih dikit lah. Bagi Microsoft umur tersebut sudah waktunya untuk mempensiunkan Windows Vista dan menggantinya dengan Sistem Operasi yang lebih baru. Windows 7, ya itulah sistem operasi yang akan menggantikan Windows Vista. Sampai saat ini versi yang keluar dari Windows 7 ini adalah versi beta yang telah diujicobakan pada para partner Microsoft. Bagi orang awam, secara kasat mata akan tampak perubahan dari sisi interface, namun tidak begitu signifikan dari Windows Vista. Fitur Aero lebih disempurnakan pada Windows 7 ini.

Pada dasarnya, ide pembuatan Windows 7 berasal dari masukan-masukan dari masyarakat luas yang membutuhkan sebuah sistem operasi yang semakin mudah digunakan dan dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari lebih cepat dan efisien. Teknologi utama dari kehadiran Windows 7 ini adalah mengusung teknologi Windows Touch, yakni sistem operasi ini yang tanpa memerlukan keyboard ataupun mouse. Teknologi touchscreen yang diusung akan memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Tentunya Anda harus memiliki sebuah layar touchscreen untuk dapat memanfaatkan teknologi tersebut. Seperti pada teknologi layar sentuh Apple Iphone yang cukup mengagumkan, karena semua akses pengguna hanya terletak pada layar sentuh. Jadi bersiap-siaplah untuk menganggarkan dana membeli monitor touchscreen ketika Windows 7 benar-benar dirilis untuk masyarakat luas.

Menurut microsoft dari websitenya, banyak sekali fitur-fitur baru yang ada pada Windows 7. Berikut ulasan tentang fitur baru dari Windows 7:

1. KEMUDAHAN & EFISIENSI

Windows 7 menjanjikan penggunaan sistem operasi yang lebih mudah dan efisien. Karena hal inilah merupakan pondasi dibangunnya Windows 7 ini. Diantara kelebihan dari kemudahan dan efisiensi Windows 7 tersebut antara lain:

  • Share Music and Video

Biasanya ketika Anda mensharing suatu file di Windows Anda, maka Anda akan menshare file tersebut baik itu single file atau folder bahkan partisi drive Anda.. Windows 7 memeberikan kemudahan dalam melakukan pengaturan terhadap berbagai media yang akan Anda sharing.

  • Windows Touch

Fungsi Windows Touch memberikan kemudahan bagi Anda untuk dapat menggunakan Windows 7 ini tanpa mempergunakan mouse dan keyboard. Keyboard dan Mouse merupakan 2 komponen utama dalam melakukan interaksi dengan sistem operasi Anda, namun pada Windows 7 ketergantungan Anda terhadap mouse dan keyboard akan sedikit berkurang. Seperti pada sistem sentuhan Apple Iphone, Anda dapat memutar film atau musik dengan menggunakan jari Anda, dapat menzoom gambar hanya dengan menggeserkan jari Anda. Tentunya Anda harus menggunakan monitor Touchscreen untuk dapat memanfaatkan fungsi ini. Meskipun fitur touchscreen sudah ada sejak Windows 98, namun untuk Windows 7 tentunya lebih sensitif dan lebih baik lagi.

  • Handwritting Recognition Additions

Karena sudah didukung dengan teknologi Windows Touch, maka Anda dapat memanfaatkan fitur Handwriting, yaitu menulis pada layar monitor Anda, dengan menggunakan pena khusus. Seperti pada screenshoot yang ada, penggunaan utama fitur handwritting ini dapat diaplikasikan untuk kepentingan office.

  • Take control of problems

UAC (User Account Control), Windows 7 tetap mempertahankan keberadaan UAC ini meskipun banyak menuai kritikan pada Windows Vista. Pada Windows 7, Kontrol pengamanan dapat Anda set sesuai dengan keinginan Anda. UAC pada Windows Vista memang sedikit banyak mengganggu para pengguna karena pesan popup yang selalu muncul ketika Anda melakukan eksekusi tertentu.

2. Visual Interface

  • Desktop Enhancment

Sama seperti Windows Vista, Windows 7 menggunakan fitur Desktop Aero dan juga Widget sebagai pelengkap desktop Anda. Bentuk taksbar yang lebih kental dengan nuansa Aero (transparasi), kostumisasi desktop yang lebih baik dan dukungan widget-widget yang dapat diletakkan pada desktop Anda. Fitur-fitur ini juga terdapat pada Windows Vista, dan pastinya lebih disempurnakan.

  • Theme packages reflect your style

Windows 7 juga menyediakan pemilihan style tema yang lebih lengkap. Secara manual jika Anda ingin mengganti visual style, desktop appreance, wallpaper pada Windows Vista maka Anda harus mengesetnya satu-persatu, pada Windows 7 penggantian ini cukup dilakukan sekali. Karena Windows 7 menyediakan paket-paket tema yang dapat Anda pilih.

  • Jump Lists

Bentuk startmenu Windows 7 tidak mengalami banyak perubahan dibanding Windows Vista, hanya saja untuk dokumen-dokumen yang sering Anda buka dapat direkam pada start menu berdasarkan seringnya file/folder Anda akses/gunakan. Nampaknya fitur recent document yang selalu ada pada Windows kini lebih disempurnakan.

  • New Way to Work with Windows

Fitur ini hampir sama dengan fitur desktop dari Ubuntu. Anda dapat melakukan pengaturan terhadap jendela-jendela windows yang sedang dipakai. Fitur ini memberikan efek transparasi yang dapat Anda sesuaikan pada menu pengaturan (invisible mode). Anda dapat memaxsimize dan meminimalkan jendela windows hanya dengan drag n drop, dengan mengarahkan jendela windows pada desktop bagian atas.

3. Performance

  • Better Device Management

Microsoft menjanjikan pengaturan perangkat-perangkat lain yang lebih baik pada Windows 7 ini. Windows 7 menyediakan pusat kontrol untuk mengatur alat-alat tambahan yang terhubung ke komputer, seperti mouse, keyboar, printer, camera digital, video recorder dan peralatan lainnya yang terhubung ke komputer.

  • Faster, more responsive performance

Windows 7 menjanjikan kecepatan dan performa lebih baik dari Windows-windows sebelumnya. Untuk proses Startup Windows, proses Shutdown, proses hybernation dan sleep, serta respon pada saat multitasking lebih baik dari Windows sebelumnya (ya kita buktikan saja nanti).

  • Extended Battery Life

Menyadari bahwa perkembangan Mobile PC yang cukup pesat, Windows 7 akan memberikan dukungan untuk ketahanan baterai yang cukup lama. Fitur ini dapat dilihat jika laptop dalam keadaan idle (tidak digunakan) maka tingkat kecerahan akan diturunkan secara otomatis oleh Windows 7, hal ini akan mengurangi konsumsi daya baterai pada laptop Anda.

Sebenarnya kalau boleh jujur, mungkin sedikit hal yang baru pada Windows 7 ini. Yang paling mencolok dari Windows 7 adalah fitur Windows Touch dan fitur Aero yang lebih baik. Windows 7 merupakan pengembangan dari Windows Vista dengan segala fitur dan fungsi yang sama.

Anda dapat mendownload secara gratis Windows 7 ini dari Microsoft dan dapat langsung mencoba dan merasakan Windows 7, meskipun masih versi BETA. Mudah-mudahan saja kehadiran Windows 7 tidak mengecewakan banyak orang, seperti Windows Vista yang sangat digembar-gemborkan pihak Microsoft tapi ternyata masih banyak kekurangnnya.

Referensi Sumber Microsoft dan berbagai sumber lainnya…

Sumber:http://blogpintar.com/?p=261

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang siswa dari SMK KARTANEGARA yg tergila-gila dengan TEKNOLOGI KOMPUTER,,,