Perhatian

Berhubung ada sedikit masalah,beberapa artikel yang menampilkan gambar tidak bisa dilihat. . . .
Saya selaku pemilik blog mohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan Anda. . .
Sekian dan Terima kasih. .

Minggu, 12 April 2009

10 tool buat test PC mu

Apakah komputer anda benar-benar sehat? Jangan terlalu yakin dulu..jangan-jangan tanpa anda sadari hardware komputer anda sudah mengeluarkan bunyi-bunyian yang tidak wajar, walaupun hanya terdengar lirih. Atau kah tanpa anda sadari kemampuan koneksi internet komputer anda sudah menurun dibanding saat pertama kali anda memakainya. Jangan anggap enteng, bisa-bisa lama kelamaan performa komputer anda semakin drop.

Jalan terbaik untuk mencari tau apa yang terjadi pada kondisi komputer anda adalah terus proaktif untuk memantaunya secara berkala, salah satunya adalah dengan aplikasi-aplikasi yang dapat mendiagnosa kerusakan pada sistem. Dapat menjadi keuntungan tersendiri karena sebagian dari aplikasi dibawah ini dapat kita pakai dengan gratis, komputer kita juga bisa terhindar dari kerusakan di kemudian hari.

Hard Drive Health

Hard drive ibarat suatu kota yang sangat luas dimana anda harus tinggal didalamnya, mau tidak mau anda harus mengenal setiap bagian dari sudut kota agar apa yang anda perlukan di kota tersebut dapat terpenuhi. Oleh karena itu sangat disarankan anda mengetahui seluk beluk tentang hard drive anda.

Hard Drive Inspector

Aplikasi ini akan membantu anda untuk memantau aktifitas hard drive secara terperinci sehingga anda dapat me-monitor keadaan hard drive untuk memastikan bahwa hard drive anda baik-baik saja. Aplikasi ini akan berfungsi untuk mendeteksi spin rate, seek time, dan sekitar 20 potential problem spots lainnya. Dan memberikan technical data seperti drive model, firmware version, dan serial number dari hard drive.

10-tool-test-pc-2.jpg Hard Drive Inspector akan menampilkan temperatur hard drive pada sistem tray, apabila hard drive sudah melebihi suhu normal maka akan diberi sebuah peringatan, dan akan otomatis melakukan standby sistem apabila sudah terlalu panas dan dirasa akan berbahaya bagi hard drive.

Aplikasi ini juga menyediakan summary health report yang sudah cukup memberikan data tentang kondisi hard drive secara umum, dan ada juga S.M.A.R.T report yang akan menyajikan detailnya. Aplikasi yang cukup membantu, walaupun ada sejumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk aplikasi ini, namun bila anda penasaran dan ingin mencobanya terlebih dahulu, anda bisa mendownload 15-day trial versionnya di trial version of Hard Drive Inspector

DataCent Hard Drive Sounds

Anda tidak merasa nyaman dengan suara yang ditimbulkan oleh hard drive anda? Seperti bayi yang belum bisa berbicara, yang akan selalu menangis untuk menyampaikan sesuatu namun jika anda sadari tangisan bayi selalu berbeda tiap kali ingin menyampaikan atau menginginkan sesuatu. Begitu juga yang terjadi pada hard drive, hard drive akan mengeluarkan suara yang berbeda-beda tergantung pada masalah dan kondisi pada hard drive itu sendiri.

10-tool-test-pc-3.jpg Sebuah perusahaan recovery-data DataCent sadar akan hal itu, dan mereka memberikan fasilitas yang akan memperdengarkan suara-suara hard drive yang tidak normal dan memberikan diagnosa tentang apa yang sedang terjadi pada hard drive tersebut. Sehingga kita dapat mengetahui dengan persis kondisi hard drive kita dengan mencocokkan suaranya dengan koleksi suara hard drive di website DataCent actual sounds of bad or unstable drive heads

Perusahaan tersebut juga menyediakan tool yang yang akan membantu memberikan informasi gangguan typical hard drive berdasar manufaktur pengembangnya.

typical hard-drive failures

Broadband Speed Test

Apakah koneksi internet anda sedikit bermasalah? Anda bisa melakukan test apakah koneksi internet komputer anda benar-benar lambat atau ada masalah sehingga menjadi lambat, untuk yang satu ini anda pasti berharap koneksi anda memang bermasalah, agar setelah masalah koneksi teratasi, kecepatan internet anda bisa bertambah.

Tool dibawah ini akan membantu anda menyajikan interface visual yang akan menampilkan kapasitas dan performa koneksi internet anda dengan grafis yang menarik. Namun apabila di komputer alat ini tidak bisa tampil, bisa jadi ini adalah salah satu tanda komputer anda sudah mengalami kerusakan yang sangat parah…ups, jangan terlalu dipikirkan, saya hanya bercanda. Segeralah menginstall Flash Player terbaru agar komputer anda bisa menampilkan interface tool ini.

DSLReports

10-tool-test-pc-4.jpg Perangkat gaek online testing DSLReports akan membantu anda memberikan setumpuk test yang bisa digunakan. Salah satunya Speed Test Speed Test yang mempunyai interface keren seperti dashboard yang dapat memantau kecepatan aktifitas upload dan download. Anda dapat melakukan test dengan beberapa server yang berbeda, cara paling mudah adalah dengan mengetest dengan server yang paling dekat dengan kota anda, dan server yang jauh dengan kota/negara anda. Untuk mendapatkan hasil perbandingan terbaik tentunya.

10-tool-test-pc-5.jpg Apabila anda merasa ada yang tidak beres dengan performa koneksi online gaming anda, segeralah cek dengan Line Quality Line Quality test untuk memastikan seberapa banyak packet loss dan excessive latency jaringan koneksi komputer anda. Ada baiknya anda mendaftar dan melakukan test melalui proses login, sehingga anda bisa melihat perbandingan hasil test dari bulan ke bulan.

10-tool-test-pc-6.jpg Speedtest.net

Tidak jauh berbeda dengan DSLReport, hanya saja Speedtest.net dapat menampilkan hasil dengan lebih cepat. Dan tentunya dengan interface yang jauh lebih bagus. Lumayan bisa anda pamerkan ke rekan sebangku anda.

Internet Connection Quality

Selain melakukan sejumlah test di atas, masih ada beberapa cara dan tool yang bisa dipakai.

10-tool-test-pc-7.jpg VoIP SpeedTest

Jika anda sering menggunakan telepon via internet, pastikan koneksi memiliki bandwidth yang cukup untuk menjaga kualitas layanannya. Untuk mendapatkan suara VoIP yang lebih jernih, anda bisa gunakan VoIP Speed Test. Bandwidth analisisnya akan memberitahukan anda berapa persen kualitas VoIP yang dapat diberikan oleh koneksi internet anda.

Down for Everyone or Just Me

10-tool-test-pc-8.jpg Jika suatu ketika anda sedang membuka suatu halaman web dan anda menemukan pertanda error. Pasti akan terlintas pertanyaan, website ini yang down, atau kah jaringan saya yang bermasalah…

Untuk meluruskannya, segeralah kunjungi Down for Everyone or Just Me? dan anda akan menemukan kesimpulannya. Cukup mudah dan aplikatif saya rasa.

Fixes for Wi-Fi woes

Apabila anda menggunakan Wi-Fi, mengaktifkan router’s Quality of Service (QoS) dapat sangat membantu untuk sejumlah aplikasi, untuk informasi yang sangat membantu lainnya dapat anda lihat di Optimize Wi-Fi for VoIP, Video, and Gaming . yang dapat membantu anda meningkatkan performa kecepatan transmisi data pada wireless network.

More Internet Advice

Untuk meningkatkan performa koneksi internet agar lebih maksimal cek "Internet Boosters." , dan siapkan kemungkinan terburuk bahwa koneksi internet anda juga rentan terhadap sejumlah gangguan, untuk itu anda bisa membaca "Five Quick Fixes for Internet Connection Hang-Ups” agar anda siap untuk segala kemungkinan hambatan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Inside Your PC

Banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi dengan segala sesuatu yang ada dalam komputer anda, baik itu hardware maupun software. Jangan biarkan ada sedikit pun masalah yang menghinggapi komputer anda. Karena bisa jadi lama kelamaan komputer anda bisa jadi sarang penyakit.

PC Pitstop

10-tool-test-pc-9.jpg Apabila anda tidak mau repot-repot dengan mencoba seluruh website yang menyediakan layanan test, maka saya rekomendasikan untuk melakukan full test di PC Pitstop. Website ini tidak hanya menyediakan beragam perangkat hardware testing namun juga dapat memberikan peringatan terhadap sejumlah potential problem yang dapat mempengaruhi performance bagi komputer di kemudian hari.

Setelah test yang saya lakukan, PC Pitstop merekomendasikan 11 fixes, dan memberikan 35 list dari spec sistem, juga mendeteksi hardware-hardware pada komputer saya yang membutuhkan upgrade driver. Dan yang tak kalah seru, PC Pitstop akan memasukkan para tester ke sebuah rank yang membandingkan seluruh komputer yang pernah mereka test.

10-tool-test-pc-10.jpg Belarc Advisor

Untuk lebih mendalami komputer anda, ada baiknya gunakan Belarc Advisor. Dengan aplikasi ini anda akan mendapat informasi yang cukup lengkap tentang hardware dan software sistem anda.

Aplikasi ini juga dapat menyediakan report Microsoft security hotfixes yang akan mengoptimasi sistem windows komputer anda.

SIW–System Information for Windows

10-tool-test-pc-11.jpg Satu lagi, yaitu SIW tool yang dapat menjawab hampir semua pertanyaan anda tentang sistem di komputer anda. Sangat membantu sekali, karena tool ini akan mengecek sampai ke detail-detail sistem sekali pun. Bahkan yang tidak kalah hebat, tool ini stand alone, sehingga anda bisa memasukkannya ke flash drive dan di jalankan melalui flash drive tersebut.

3 komentar:

an mengatakan...

wah super keren nich infonya ku coba akh...

makasih banyak sob

Ibnu Sanggar Watasa (Inumarulez) mengatakan...

Keren sobh.. maju terus... yang semangat yah bloggingnya.. jangan pantang menyerah...

Chandra mengatakan...

Sip bgt tispnya..

Test VoIP SpeedTest ahhh...

menuju TKP...

Thank infonya...

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang siswa dari SMK KARTANEGARA yg tergila-gila dengan TEKNOLOGI KOMPUTER,,,